MEMPERSIAPKAN DIRI MENUNAIKAN HAJI

Berbagai macam cara orang mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah haji, ada yang mempersiapkan peta kota Mekah karena khawatir tersesat, ada mempersiapkan makanan yang akan dibawa khawatir makanan disana tak cocok, ada juga yang mempersiapkan pakaian tebal karena disana sedang musim dingin, dan bahkan banyak mempersiapkan uang yang banyak untuk membeli emas dan berbagai oleh oleh untuk sanak saudara, tetangga dsb.
semua yang disebut diatas adalah mempersiapkan yang bersifat materi dan keduniawian yang banyak dikhawatirkan orang, tapi jarang sekali orang berfikir untuk mempersiapkan diri untuk mencapai haji mabrur.
untuk mempersiapkan diri agar mencapai haji mabrur adalah mempersiapkan diri memiliki kekayaan ruh dan memahami hikmah haji.
Untuk memiliki kekayaan ruh, Allah memberikan sarana penuh pada bulan Ramadhan untuk memperbanyak ibadah agar lebih dekat dengan Allah dan membersihkan hati dari segala penyakit hati manusia melalui zakat, banyak membaca ilmu tentang haji khususnya dan ilmu Islam umumnya sehingga dapat memahami hikmahnya pada puncaknya mempersiapkan diri dengan melakukan itikaf di Mesjid pada sepuluh terakhir Ramadhan.

0 komentar: